Para Pencari Tuhan adalah Salah satu sinetron religi yang sedang di tayangkan di SCTV pada waktu jam sahur dan buka puasa. Sinetron yang menurut saya Nendang bgt (setelah keluarga cemara tentunya) yang wajib ditonton karena selalu saja ada sentilan-sentilan iman didalamnya seakan membuat saya untuk bercermin, menanyakan sejauh mana kualitas iman saya. Masih inget kalimat yang diucapkan oleh salah satu tokohnya yang bilang bahwa
“saya malu karena mengeluh terus dengan Allah” tetapi tokoh yang satunya lagi bilang bahwa “Allah itu bukan hanya memberi tapi menerima “ wah…bener-bener deh, simple tapi gimana gituuu, dalem bgt……..mungkin kedengerannya biasa tapi klo diresapi…..waduh…..nonjok lho …(hiperbola bgt ya :D)

Sinetron ini di kemas secara simple dengan jalan cerita yang biasa, tidak glamour seperti kebanyakan sinetron lainnya. Di tampilkan dengan nuansa religi tidak dituturkan secara menggurui, bahkan terlihat santai karena terselip unsur komedinya. Tokoh-tokoh didalamnya juga serasa sangat hidup dan dapat memberikan pembelajaran yang baik. Tengok saja tokoh Udin….yang selalu keliatan nyebelin, tapi sering membantu sahabatnya walaupun dengan terpaksa dan seringkali dengan cara yang tidak baik (cukup pintar tapi dengan cara yang salah), atau tokoh Asrul yang digambarkan selalu sial, cukup taat tapi sering ngeluh. Selain itu ada tokoh Pak Ustad (yang diperankan oleh Akri Patrio) yang merupakan tokoh masyarakat di kampung tersebut tetapi tidak luput juga dari kesalahan (namanya juga manusia) dan tokoh yang sering membuat saya kesal adalah Pak Jalal, seorang yang kaya raya, beriman tetapi……sombong dan suka merendahkan orang lain (wah ini sih sering liat di kehidupan nyata hehehehehe)….suka ngenes aja klo liat Pak Jalal ngomong, pasti deh bikin pengen ngejitak hehehehehe semua tokoh digambarkan dengan tanpa sempurna, jadi bener2 realita hidup bahwa no body’s perfect.

Sepertinya Om Dedy Mizwar ini selalu membuat karya2 yang lain dari pada yang lain. Hasil karyanya itu suka bikin gebrakan2 baru yang moralitasnya tinggi. Contohnya seperti Naga Bonar, kita taulah cinta akan negeri sendiri itu merupakan tema yang langka di Indonesia, atau Lorong Waktu , sinetron yang bener2 sukses bikin mata saya berkaca-kaca dibeberapa episodenya , ga salah klo sampe ada Lorong Waktu 4 daripada Tersanjung 6 :D dan sekarang Para Pencari Tuhan. Aduh tambah ngepenz saya sama Beliau. Mudah2an untuk tahun2 yang akan datang ada jilid 3, jilid 4 dan seterusnya.


sumber photo

6 comments:

arielz said...

setuju neh neng
tayangan religi yg satu ini emang lain dari yg lain, kaya pesan moral, penyampaian-nya juga menarik.

kerasa "nendang" (pinjem istilahnya yah :p) diantara sinetron2 ga bermutu yg bertaburan di tipi kita

afwan auliyar said...

itulah karya yg berkualitas

semoga saja sineas bangsa ini tdk hanya memikirkan uang, tetapi juga moral bangsa ini

Abimanyu said...

ndak pernah nonton tu..
gak ada tivi di kosan..
mending me-eksplorasi gitar..

Anang said...

asal jangan sinetron yang kek biasanya muncul jam prime time itu...

wempi said...

wempi gak suka nonton, hiks...

rezKY p-RA-tama said...

anak kos mah jarang nonton flm2 kayak gene,,hehehehe