Di mulai dari perasaan saya yang merasa tulang sedikit rada linu di daerah dengkul ke bawah. Saya pun bertanya-tanya apa kiranya yang menyebabkan saya merasakan linu seperti ini. Setelah intropeksi, saya pun menyadari bahwa akhir-akhir ini saya sering pulang larut malam sehingga waktu mandi pun tidak senormal dulu…...dan yang langsung terbayang adalah penyakit reumatik.

Reumatik…..salah satu penyakit yang tidak asing di keluarga saya. Karena hampir seluruh sesepuh di keluarga saya mengidapnya. Tetapi…umur saya kan terbilang masih muda, apa iya penyakit ini sudah bersandar secepat itu? Terlebih lagi saya blm menikah (lho?!!! ga ngaruh ya? :D ).

Dan leganya hati ini (setelah searching ke sana ke mari), karena sejauh ini belum ada bukti yang menguatkan mandi malam akan menyebabkan penyakit reumatik.
Lalu apa penyakit reumatik itu?

Berikut fakta mengenai penyakit ini berdasarkan beberapa sumber :

1. Reumatik biasanya dirasakan penderitanya dengan gejala khas. Mereka mengeluhkan nyeri sendi, kaku sendi, dan gangguan fungsi bagian tubuh yang spesifik (ga terlalu seperti ini juga sih rasanya)

2. penyakit reumatik merupakan kelompok penyakit dengan manifestasi klinis serta rasa nyeri menahun yang menyebabkan kekuatan serta pembengkakan jaringan sekitar sendi dan otot. (serem juga)

3.Penyakit ini dominan menyerang manusia usia 40 tahun keatas meskipun tidak menutup kemungkinan pada usia muda (masih tetap harus waspada nih…)

4 sampai saat ini belum ditemukan hasil penelitian tentang asal muasal timbulnya penyakit reumatik. (masa iya???)

5.Dokter spesialis tulang menghimbau agar mereka yang telah memasuki usia 40 tahun keatas dapat mengatur pola makan dengan memperbanyak makanan berkalsium tinggi yang dapat diperoleh dari sejumlah jenis sayuran. Disamping menghindari olahraga yang terlalu bertumpu pada kekuatan otot dan sendi. Jika tidak penyakit reumatik dapat menyebabkan kelumpuhan pada penderitanya. (wah…saya paling malas olahraga…)

Ada yang mau menambahkan?

Klo memang bukan reumatik yang saya derita…terus apa donk? Mungkin harus cek ke dokter tapi…klo memang sudah terasa bgt sakit linunya………... :D

4 comments:

Anonymous said...

coba mandi tengah malem trus pake es... pasti dech... pasti dingin... hiks..hiks...

*kaburrrr*

RyDiSa said...

ga usah pake es dan ga usah pake air panas juga dingin kaleeeeeeeee :D

Anonymous said...

assalamualaikum,

klo aku sering nyeri tulang belakang rydisa, dan skrg mngurangi ngendon dpn komppyutaku:D

RyDiSa said...

wah...klo yg itu ktanya sih banyakin minum air putih mba....
trus jangan kelamaan duduk di depan computer...kira2 1 jam sekali berdiri kurang lebih 5 menit. malah yg paling saya takutin itu...angin duduk.......... :(